Menyambut 1 Muharram 1445 H Mahasiswa KKN IAIN Kerinci Gelar Pawai Obor

Menyambut 1 Muharram
Menyambut 1 Muharram 1445 H Mahasiswa KKN IAIN Kerinci Gelar Pawai Obor -- (dokumen/lintaspenjuru.com)

Tapan, Lintaspenjuru.com – Menyambut 1 Muharram 1445 H mahasiswa KKN IAIN Kerinci gelar pawai obor. 1 Muharram 1445 H merupakan hari besar bagi umat islam untuk memperingati tahun baru islam. Ada banyak tradisi yang biasa dilakukan pada tahun baru islam seperti melakukan acara pengajian, lalu ada juga yang melakukan pawai obor.

1 Muharram 1445 H yang jatuh tepat pada tanggal 19 Juli 2023, masyarakat Nagari Dusun Baru Tapan bersama dengan kelompok 39 dari mahasiswa KKN IAIN Kerinci bersama-sama mensukseskan acara tradisi tahun baru islam yaitu pawai obor yang dilakukan di Nagari Dusun Baru Tapan, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya
Menyambut 1 Muharram
Menyambut 1 Muharram 1445 H Mahasiswa KKN IAIN Kerinci Gelar Pawai Obor — (dokumen/lintaspenjuru.com)

Ketua Kelompok 39 dari mahasiswa KKN IAIN Kerinci Galian Rizqon mengatakan, pawai obor kali ini mengusung tema “Spirit Tahun Baru Hijriah untuk Menguatkan Ukhuwah, Islamiyah, Insaniyah, dan Wathaniyah”. Dengan tema ini diharapkan seluruh Warga Dusun Baru Tapan dapat bersatu di tahun baru Islam ini serta dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama. Output dari diadakan acara ini adalah agar setiap insan di Nagari Dusun Baru Tapan dapat mengemban dan mengaplikasikan nilai-nilai keislaman yang tidak luput dari habluminallah habluminannas dan hablum minal alam, serta dapat menanamkan norma dan nilai-nilai dalam bernegara.

Menyambut 1 Muharram
Menyambut 1 Muharram 1445 H Mahasiswa KKN IAIN Kerinci Gelar Pawai Obor — (dokumen/lintaspenjuru.com)

Ada berbagai macam kalangan dari warga setempat yang mengikuti acara pawai obor, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang acaranya dimulai pada pukul 20.00 WIB. Rute awal pawai obor bertempat di Dusun Baru Tapan, dan rute akhir berakhir di Perbatasan Nagari Tapan.

“Anggota Sat Lantas Polsek Tapan ikut mengawal pada acara pawai obor. Begitu juga Wali Nagari Dusun Baru Tapan dan Pemuda Dusun Baru Tapan juga ikut mengiringi acara pawai obor. Lalu pada iringan pawai obor juga terdapat penampilan hadroh dari Dusun Jatian yang juga diikuti oleh barisan belakang pada pawai obor”, tutup Galian. (RK)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *