Wisata Bengkulu Rumah Pengasingan Bung Karno

Wisata Bengkulu Rumah Pengasingan Bung Karno
Wisata Bengkulu Rumah Pengasingan Bung Karno -- Sumber Gambar : pariwisatabengkulu.com

Bengkulu, Lintaspenjuru.com – Wisata Bengkulu Rumah Pengasingan Bung Karno merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika sedang melancong ke daerah Kota Bengkulu. Rumah Pengasingan Bung Karno merupakan bangunan bersejarah, dimana rumah ini menjadi tempat tinggalnya Bung Karno atau biasa kita sebut Bapak Ir. Soekarno tinggal pada masa pengasingan penjajahan Belanda.

Berdasarkan informasi dari wikipedia.org, sebelum Soekarno diasingkan ke Bengkulu, Soekarno diasingkan ke Ende, Flores pada 14 Januari 1934 untuk menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik. Soekarno diasingkan di Flores selama 4 tahun yaitu dari tahun 1934 hingga tahun 1938, baru setelahnya Soekarno diasingkan ke daerah Bengkulu.

Bacaan Lainnya

Lokasi Rumah Pengasingan Bung Karno berada di JL. Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Ada banyak pelancong yang berkunjung kesana apalagi di akhir pekan. Berbagai macam usia, ada yang masih tingkatan SD ataupun orang yang sudah lanjut usia. Mereka mengambil moment dengan cara berfoto dengan latar belakang Rumah Pengasingan Bung Karno.

Soekarno diasingkan di Bengkulu selama 4 tahun yaitu dari tahun 1938 hingga tahun 1942. Jika berkunjung ke bangunan bersejarah pengasingan Bung Karno, akan terlihat barang-barang peninggalannya selama masa pengasingan di Bengkulu. Dari ranjang besi yang dulu digunakan sebagai tempat tidurnya Soekarno dan keluarganya, koleksi buku yang menjadi teman Soekarno semasa pengasingannya yang mayoritas berbahasa Belanda, seragam grup tonii monte carlo asuhan Soekarno semasa di Bengkulu, foto-foto Soekarno dan keluarga yang masih terpampang rapi di setiap tembok ruangan dan sepeda tua milik Soekarno yang menjadi alat transportasi selama masa pengasingannya.

Rumah Pengasingan Bung Karno sudah masuk sebagai Cagar Budaya Indonesia dengan peringkat Nasional dengan nomor SK 370/M/2017 tanggal 29 Desember 2017.

Ada sedikit mitos unik yang menyebar dari mulut kemulut yaitu tentang sumur tua yang berada di belakang Rumah Pengasingan Bung Karno. Ada yang mengatakan jika membasuh muka menggunakan air sumur tua tersebut akan membuat muka menjadi awet muda. Tapi ingat, ini hanya mitos yang masih belum tau kebenarannya, hanya informasi dari orang keorang. Namun saat ini kondisi sumur tua tersebut sudah mengering, tidak ada air lagi yang tersisa di sumur tua tersebut. Lalu ada wc umum yang dibangun pemerintah di belakang rumah dekat sumur tua tersebut. (Yu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *