10 Sungai Besar di Pessel Rawan Banjir, Butuh Normalisasi Segera

Pessel, Lintaspenjuru.com – Menganstisipasi banjir dimusim penguhujan multi turun di Kabupaten Pesisir Selatan, masih ada sedikitnya sepuluh sungai besar berada di 15 Kecamatan di Pesisir Selatan kondisi nya kritis dan perlu segera dilakukan normalisasi.

Berdasarkan data dihimpun dilapangan, ada kurang lebih 10 sungai besar di Pessel kondisi nya cukup rawan banjir. Ke – 10 sungai tersebut berada di 15 Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BOND), Kabupaten Pesisir Selatan Doni Gusrizal dihubungi Pos Metro, Senin ( 22/8/2022) mengatakan, bahwa masih ada ada 10 sungai besar di wilayah nya, kondisi nya butuh normalisasi.

Ia mengharapkan melalui normalisasi sungai tersebut, jika intensitas air sungai meningkat air tidak lagi meluap hingga menyebabkan banjir

Normalisasi sungai itu, kata dia, tidak hanya sebatas membuat aliran sungai baru, namun juga bahu sungai akan diperkokoh dengan batu guna menahan tebing agar tidak longsor.

Hal tersebut, kata dia, diperlukan sehingga tidak terjadi penggerusan daratan jika sewaktu-waktu intensitas aliran sungai meningkat.

“Selain untuk meminimalkan banjir, katanya, normalisasi juga untuk mengamankan jalan kabupaten yang berada persis di bantaran sungai tersebut, ” ungkap Doni.

Lebih jauh, Kepala BPBD Pessel itu menjelaskan melalui dana hibah Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNB) Republik Indonesia (RI), pada tahun 2023, untuk melalukan normalisasi dan perkuatan tebing sungai batang Painan 15 Miliar.

“Kita Usulkan 1sungai yang lain mungkin ada di program Dinas PU Tr dan Dinas SDA Provinsi Sumbar, ” tekuk Doni. (G)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *