Rumah Adat Saendeko Desa Pondok Lunang

Mukomuko, Lintaspenjuru.com – Pemerintah Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, membangun rumah adat Saendeko guna melestarikan adat istiadat dan budaya daerah terutama yang ada di desa setempat. Pembangunan rumah adat ini sendiri dilaksanakan secara swadaya pemerintah desa dengan kelembagaan adat yang ada di desa. Dimana pembangunan rumah adat ini sendiri sudah hampir rampung dikerjakan.

“Pembangunan rumah adat Saendeko ini diharapkan membuat desa ini menjadi pusat kunjungan masyarakat luas. Terutama yang ingin mengenal adat istiadat dan budaya yang ada di Kabupaten Mukomuko, terkhususnya adat iatiadat dan budaya di Desa Pondok Lunang,” ujar Burhan Dahri, Kepala Desa Pondok Lunang.

Lanjutnya, dengan adanya rumah adat ini nantinya bisa menjadi simbol atau icon desa. Apalagi posisi rumah adat dekat dengan jalan lintas, sehingga bisa menjadi pemandangan bagi masyarakat yng melintas di desa ini. Selain menjadi icon desa, rumah adat nantinya juga digunakan untuk kegiatan adat, seperti musyawarah adat dan kegiatan adat lainnya. Dengan ini ia berharap adat istiadat di desa tetap terlestarikan dengan adanya rumah adat tersebut. Disamping itu, bisa menjadi desa wisata budaya di Kabupaten Mukomuko.

“Rumah adat Saendeko ini juga menambah potensi objek budaya di desa. Ini terus kita kembangkan kedepannya, dengan menyandingkan potensi lainnya. Baik itu kuliner khas Mukomuko maupun kerajinan masyarakat desa,” jelas Burhan. (leon)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *