Kurang Lebih 37.727 KPM di Pessel Siap-Siap Terima Bansos Kenaikan BBM

Pessel, Lintaspenjuru.com –¬†Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyiapkan kompensasi pengalihan subsidi harga BBM dengan mengalokasikan dua persen dari total Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) yang ada dalam APBD.

Bantuan tersebut bakal disalurkan pada kelompok masyarakat kurang mampu yang tidak masuk dalam penerima manfaat bantuan sosial dari APBN, sehingga jangkauan kompensasi menjadi lebih luas.

Bacaan Lainnya

Data yang didapatkan, kurang lebih 37.727 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat siap – siap menerima bantuan sosial (Bansos) pengalihan subsidi harga BBM.

“Data itu baru kami terima dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Sumber dananya nanti dari APBN,” ungkap Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak dan Perempuan Pesisir Selatan Wendra Rovikto.

Wendra melanjutkan guna meredam dampak kenaikan harga BBM pemerintah pusat menyiapkan Rp24,17 triliun APBN untuk 20,65 juta kelompok masyarakat kurang mampu.

Bantuan tersebut dibagikan selama empat tahap dengan besaran Rp150 ribu setiap tahapnya. Kemudian memberi subsidi upah senilai Rp600 ribu bagi 16 juta pekerja dengan kriteria upah maksimal Rp3,5 juta.

“Secara bertahap bantuan sosial akibat pengalihan subsidi BBM itu bakal dibagikan hingga akhir tahun ini,” terangnya.

Apalagi terjadinya pembengkakkan subsidi yang nyaris mencapai tiga kali lipat yang sebagian besar atau nyaris 70 persen subsidi justeru dinikmati kqlangan mampu, mereka yang punya mobil.

Pemerintah menilai pemberian kompensasi dapat menjaga daya beli kelompok rumah kurang mampu akibat fluktuasi harga pasca perubahan harga BBM, memberikan dampak pada kebutuhan pokok.

Berdasarkan data dinas sosial provinsi total penerima bantuan sosial akibat pengalihan subsidi harga BBM di Sumatera Barat tercatat sebanyak 320.342 keluarga kurang mampu.(G)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *